Mahasiswa Kreatif, Inovatif, Produktif dan Berkarakter

Penulis: Prof. Rochmat Wahab
Kamis 5 September 2019

Ilustrasi: Kampus Undip

Atorcator.Com – PIMNAS ke 32 tahun 2019  digelar di Universitas Udayana, Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 27-31 Agustus 2019. PIMNAS merupakan hajat tahunan Kemristekdikti untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa, ilmuwan muda seluruh Indonesia yang diikuti oleh 70 PTN dan 56 PTS, dengan peserta sebanyak 1614 mahasiswa dan 460 dosen pembimbing. Agenda ilmiah ini sangat bergengsi karena hanya mahasiswa andalan saja yang bisa ambil bagian, yaitu mahasiswa yang kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter.


Mahasiswa kreatif, inovatif, produktif, dan berkarakter adalah mahasiswa yang diharapkan saat ini dan mendatang, mampu menghadapi tantangan yang semakin banyak dan semakin kompleks. Di samping itu juga mereka jarus menguasai ipteks dan keterampilan yang tangguh.


Mahasiswa kreatif adalah mahasiswa yang dicirikan dengan pribadi yang kreatif, berpikir kreatif atau literal atau divergen (novelty dan usefulness), dan menghasilkan karya-karya kreatif. Mahasiswa kreatif biasanya tidak menyukai hal-hal rutin dan tak menantang. Mereka justru menghendaki munculnya masalah-masalah yang memerlukan pemecahan masalah dengan banyak alternatif. Mahasiswa kreatif sangat menyikapi model pembelajaran kreatif.


Mahasiswa inovatif adalah mahasiswa yang dicirikan dengan kemampuan bereksperimen,  berpikir inovatif, dan menghasilkan inovasi dengan segala levelnya. Untuk menjadikan mahasiswa inovatif, perlu mahasiswa dikenalkan dengan innovator yang termasyhur. Juga diberikan waktu yang cukup untuk berinovasi serta mendorong terbangunnya kolaborasi yang sangat diperlukan melakukan inovasi. Apalagi dewasa ini orientasi RI 4.0 adalah terciptanya masyarakat inovasi.


Mahasiswa produktif adalah mahasiswa yang menyukai belajar dan mampu menghasilkan berbagai solusi masalah tingkat tinggi yang sangat berarti bagi penciptaan inovasi. Mahasiswa yang mampu menjaga modal dan bukan penikmat ide atau teori yang ada, melainkan kontributor ide dan temuan baru. Untuk menjadi mahasiswa produktif, perlu melakukan beberapa hal di antara: mengatur waktu, menghadiri kegiatan kuliah dan diskusi, belajar tentang cara belajar, melakukan kegiatan riset, dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan kondusif.


Mahasiswa berkarakter adalah mahasiswa yang memiliki jati diri, berakhlak mulia, dan memiliki moral. Mahasiswa yang kehidupan kesehariannya penuh dengan kejujuran, integritas, penuh respek, sayang, kerja keras, dan keharuan serta seria dalam pengamalan nilai-nilai agama.  Mahasiswa itu harus berhadapan banyak tantangan. Karena itu perlu dibantu dengan menanamkan nilai-nilai moral yang baik. Penanaman moral tidak harus dengan transfer pengetahuan tentang moral, tetapi mentransmisikan nilai-nilai moral.


Melalui agenda PIMNAS yang berlangsung tahunan, diharapkan mampu menfasilitasi lahirnya inovator muda, insan unggul yang mampu menghasilkan temuan-temuan yang dapat memperkaya teori-teori yang sudah ada dan mampu menyelesaikan persoalan-persoalan kehidupan manusia di masa kini dan mendatang. Saya teringat sekali sekian tahun 2010 : PIMNAS 23 di Universitas Mahasaraswati (UNMAS) Denpasar, Bali, mahasiswa UNY mampu temukan species baru kelelalawar mendapat juara 1 dan terus presentasi di LIPI dan konferensi internasional.  Selain  daripada itu mampu memajukan bangsa Indonesia untuk bisa berkompetisi dalam percaturan dunia. Semoga. (Rochmat Wahab, Yogyakarta, 29/08/2019, Kamis, pk. 05.10) yang

Related Posts