Ulama-Ulama yang Jomblo: Ilmu Mati di antara Paha Para Wanita - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Sabtu, November 30, 2019

Ulama-Ulama yang Jomblo: Ilmu Mati di antara Paha Para Wanita

Penulis: Nurbani Yusuf
Sabtu 30 Nopember 2019
Ilustrasi: FB-Nurbani Yusuf

Ada ulama berkata: ‘Ilmu mati diantara paha para wanita —‘.

Sebut saja Imam Ibnu Jarir ath-Thabari, Imam an-Nawawi, Imam al Ghazali, Imam az-Zamakhsyari al-Khawarizmi,  begitu juga Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan Ibnul Qayyim al Jauziah muridnya—mereka memilih jomblo tidak menikah.

Pengakuan Fathimah binti Abdul Malik saat Umar ibn Abdul Aziz suaminya sudah wafat bisa menjadi pelajaran buat kita semua. “Umar ibn Abdul Aziz tidak pernah mandi besar baik karena janabah atau mimpi basah sejak dia diangkat menjadi khalifah sampai dia meninggal”.
Pertanyaan yang sama: ‘berapa kali antum mandi jinabah dalam sepekan ?

*^^^*
Tidak seperti antum—para ulama salaf dan penganjur salaf yang terdahulu sangat hati-hati membahas setiap hukum syariat, termasuk saat membahas tentang poligami—para ulama itu berkhidmad, cermat dan teliti, setelah ditemukan ’hukum tetapnya’ kemudian mereka memilih menjaga hati, berisikap zuhud dan wara’ bukan seperti antum—-mengerti sedikit tentang poligami lantas berlomba memajang deret istri seperti buaya di musim kawin—-

Sebagian memang suka pada yang paradoks dan pilih-pilih—termasuk memilih ajaran agama mana yang disukai berdasar selera—poligami salah satunya meski tak semua bersetuju tapi sebagian besar suka dengan tema ini lantas seakan mengambil maksimal seperti ‘quota paketan’. Ambil 2, 3 dan 4 seperti royok-an.

Setiap ilmu ada adab yang mendahului—ambil adabnya dulu baru ilmunya begitu para ulama salaf berpesan—itu yang membedakan apakah antum seorang ulama atau seorang yang hanya mengerti sedikit tentang hukum sesuatu. Para ulama mengedepankan sikap zuhud dan wara terhadap hak, bukan melawan sunah—tapi memillih meninggalkan kesenangan duniawi.

Imam al-Khathib al-Baghdadi menjelaskan dalam kitab al-Jami’ Lii Akhlaqi ar-Rawi Wa Aadabi as-Sami’: “Dianjurkan agar penuntut ilmu membujang sampai batas yang memungkinkan baginya, karena kesibukannya dalam menunaikan hak-hak suami istri dan mencari penghidupan akan menghalanginya untuk menuntut ilmu”.

Imam Sufyan at-Tsauri mengatakan: ”Siapa yang telah menikah berarti dia telah mengarungi samudra, jika telah lahir seorang anak maka dengan itu perahunya hancur”. Maksudnya seorang yang telah menikah dan juga telah dikaruniai anak maka otomatis waktunya untuk mencari ilmu akan berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Imam Ibnul Jauzi dalam kitab Shaid al-Khathir berkata: “Saya memilih bagi penuntut ilmu yang masih pemula agar menghindari untuk menikah sesuai kemampuannya, —-bahkan Imam Ahmad ibn Hanbal tidak menikah sehingga umur beliau mencapai empat puluh tahun”.

Sebuah hal yang mencengangkan datang dari sebuah ungkapan salah seorang ulama:

‎ذُبِحَ العلمُ بين أفخاذِ النساءِ

“Ilmu itu telah disembelih diantara paha para wanita”.

Artinya kenikmatan menikahi seorang wanita terkadang dapat menjadikan seseorang berhenti untuk menuntut ilmu. Ungkapan yang lain menyebutkan: “Ilmu itu telah hilang dalam paha para wanita”.

Perlu kita ingat bahwa para ulama pada masa itu harus melakukan perjalanan melintasi kota atau bahkan melintasi negara untuk menuntut ilmu. Maka jelas berkeluarga pada saat itu dapat menghambat dan menghalangi mereka untuk menuntut ilmu. Hal tersebut mungkin agak berbeda dengan zaman kita sekarang.

Ironisnya—Sekarang malah berbalik, poligami dipersepsi sebagai anjuran—atau pilihan karena situasi tertentu—bahkan ada yang memandang semacam hak yang harus diambil maksimal—tapi kewajiban ditunaikan minimal, dengan beraninya mengabaikan perasaan, hati dan tak hirau pada akhlaqul karimah—

Poligami kerap tampil sebagai ilustrasi ‘kerakusan’ laki-laki yang tak bisa dibendung atas perempuan. Maka wajar perempuan darimanapun berasal melakukan perlindungan—bukan melawan ayat ayat dalam kitab—tapi memilih melindungi diri dari ‘kerakusan’ laki -laki atas nama sunah.

Apa karena kalian anggap ‘hak’ lantas bersorak girang mengabaikan hati dan perasaan —apa ini yang diajarkan Nabi kalian ? Mestinya antum belajar adab, akhlaq dan etika, baru belajar ilmu. Nabi menganjurkan berhenti makan sebelum kenyang—tapi kalian sudah terbiasa tak bisa berhenti makan sebelum ke-kenyang-an .. .. “.

@nurbaniyusuf
Ketua MUI Kota Batu—
Penggiat Komunitas Padhang Makhsyar