Gus Dur Pecinta Film - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

20 Maret 2019

Gus Dur Pecinta Film

gusdurian
Penulis: Moh Syahri


Atorcator.Com - Selama belajar di Kairo, Al-Azhar Mesir, Gus Dur merasa banyak mata pelajaran yang diulang, pelajaran yang diajarkan di Fakultas Islam dan Arab yang bertempat di masjid Al-Azhar itu sudah banyak dan sering dipelajari di pesantren dulu di Indonesia.

Seperti kitab Alfiyah Ibnu Aqil, kata Gus Dur, “saya sudah belajar di pesantren dulu”. Mungkin bagi Gus Dur sekolah ke mesir akan menemukan pengetahuan baru di sekolahnya tapi kenyataannya tidak, justru dia lebih banyak mempelajari ilmu yang sama dengan pesantren.

Nah, karena sudah merasa tidak pas dengan belajar di sekolahnya, Gus Dur memilih belajar dengan membaca buku di perpustakaan-perpustakaan ternama di kairo seperti perpustakaan Universitas Amerika, Dar Al-Kutub (perpus yang sekaligus menjadi penerbit kitab yang banyak digunakan di Indonesia), dan Universitas Kairo.

Dari sini, bisa melihat bahwa cara belajar Gus Dur selama ada di Mesir memang banyak secara autodidak. Tidak hanya membaca buku-buku di perpustakaan-perpustakaan ternama, tapi Gus Dur ketika di mesir juga senang menonton Film, Gus Dur memang pecinta Film.


Gus Dur Pecinta film segala bentuk tontonan, seperti film Rusia, film Prancis, film Eropa Timur. Tentu bagi Gus Dur menonton film bukan hanya memenuhi hasrat semata, tetapi jauh dari itu menonton film upaya membangun imajinasi, kontsruksi pikiran.


Satu hal yang mungkin Anda tidak tau dari saya, kata Gus Dur, saya kalau menonton film bisa dua atau tiga kali dalam sehari”. Ya maklum Gus, Njenengan kan dulu pernah jadi Ketua Dewan Juri Festival Film Indonesia. Bagi Gus Dur dunia Perfilm-an itu hal yang seolah-olah menjadi subsidi otak sehari-hari.