KH. Fawaid As’ad: Gus Dur Sosok yang Melawan Gerakan Fundamentalisme dan Radikalisme

Gus Dur/Jaringan Gusdurian



Penulis: Redaksi

Putra KH. As’ad Samsul Arifin alias KH. Fawaid As’ad Samsul Arifin (alm) mengagumi sosok pemikiran Gus Dur dalam merawat bangsa dari perpecahan. Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah , Asembagus, Situbondo pernah berkomentar soal pemikiran Gus Dur yang harus diikuti oleh generasi milenial saat ini.


Almarhum KH. Fawaid As’ad Samsul Arifin adalah tokoh yang sangat takjum dengan perjuangan dan kiprah Gus Dur terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Beliau (KH. Fawaid As’ad Arifin) pernah mengatakan, saat ini yang perlu dilakukan pasca meninggalnya Gus Dur adalah melawan bibit-bibit perpecahan bangsa.


Baca juga: Mengenang Humor Gus Dur yang Lebih Memilih Pidato Ala Pesantren daripada Ala Pejabat


Beliau juga menghimbau untuk terus waspada atas munculnya gerakan-gerakan fundamentalisme dan radikalisme agama yang sangat potensial merusak persatuan bangsa. Oleh karena itu, generasi milenial sebagai generasi masa depan harus dibentengi dengan pemahaman tentang pemikiran Gus Dur agar terhindar dari aliran keagamaan yang merusak tetanan kebangsaan” ujarnya.




Bagaimanapun kita adalah salah satu pemegang estafet kepemimpinan bangsa ini, munculnya gerakan-gerakan garis keras yang cederung merusak nilai-nilai kemanusian harus kita lawan. Tak ada satupun negara yang tidak lepas dari sebuah tantangan dan hambatan. Oleh karenanya,perlu untuk terus kita belajar tentang pemikiran sosok Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan melanjutkan perjuangan beliau.



Related Posts