Tidak Semua Mimpi Itu Boleh Dituruti, Berikut Kisah Syekh Abdul Qodir Al-Jailani - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Jumat, Maret 15, 2019

Tidak Semua Mimpi Itu Boleh Dituruti, Berikut Kisah Syekh Abdul Qodir Al-Jailani

mimpi

Penulis: Moh Syahri

Atorcator.Com -  Beragam macam mimpi kadang menghampiri orang yang sedang pulas tidur. Dan ini sesuatu yang lumrah terjadi kepada manusia normal.

Tak jarang, mimpi itu datang kadang seolah-olah memberikan kesan sial, celaka, dan akan ada sesuatu yang buruk menimpanya. Padahal tidak semuanya demikian. Makanya guru agama saya pernah menyarankan untuk tidak sembarangan menceritakan mimpi kepada orang lain, agar supaya tidak ditafsiri jelek oleh orang lain.

Lantas, apakah semua mimpi itu benar adanya dan boleh untuk dituruti, ataukah itu hanya muslihat setan untuk menjebak manusia. Ternyata tidak semua mimpi itu benar dan boleh untuk dituruti. Berikut kisah Abdul Qodir Al-Jailani:

Pada suatu hari Syekh Abdul Qodir Al-Jailani melihat sebuah tulisan di langit yang cukup membuat dirinya tertegun, bacaannya ”abahtu Laka al-muharramat” (Aku halalkan untukmu perkara-perkara yang telah aku larang). Setelah membaca tulisan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani nampak marah dan membentak seraya berkata: “ikhasya’ ya la’in” (Bangsat kamu setan-setan terkutuk).


Kemudian ada santrinya bertanya “Mengapa njenegan membentak seperti itu ya syekh?” Syekh Abdul Qodir menjawab “Innallaha la ya’muru bil fakhsya’” (sesungguhnya Allah tidak akan memerintahkan sesuatu yang keji).

Dari kisah ini, menjadi jelas bahwasanya Allah tidak mungkin menghalalkan apa yang sudah diharamkan. Sebab yang halal sudah jelas dan yang haram pun sudah jelas seperti yang disabdakan Rasulullah dalam beberapa hadis.

Oleh karenanya, mimpi yang tidak baik tidak boleh kita turuti atau kita tafsirkan secara otoritatif itu jelek. Karena kadang ada sebagian mimpi yang jelek justru memberikan efek sebaliknya.

Memang ada ilmu tentang tafsir mimpi. Akan tetapi itu bukan tafsir yang memiliki otoritas kebenaran yang mutlak. Sehingga perlu kiranya kita selalu mengharap sesuatu yang baik dan benar menurut Allah Swt, sebab tak semuanya mimpi itu datang dari kekuasaan Allah tapi juga ada yang datang dari muslihat setan.