Doa Rasulullah Ketika Masuk Pagi di Hari Jumat

 

Penulis: Moh. Syahri
 
Atarcator.Com – Dari sekian banyak hari, hari Jumat adalah hari yang sangat sakral, hari yang penuh dengan keberkahan. Bahkan Rasulullah menyebutkan sebagai sayyidul ayyam (rajanya hari). 
 
Betapa mulianya hari Jumat. Segala aktivitas, amal ibadah, tentu akan menjadi lebih berkualitas manakala di hari Jumat dijadikan tempat untuk menyemai benih pahala berupa amal baik.
 
Daripada itu, kemuliaan hari Jumat tentu tidak cukup hanya dijadikan sebagai suatu kemuliaan yang tertulis di atas kertas saja melainkan harus dilakukan dan dipraktekkan langsung dalam kehidupan nyata. Sehingga Rasulullah pun memiliki doa khusus untuk menyambut pagi di hari Jumat, berikut doanya:
 
أَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمِ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ
 
 
Astaghfirullahal ‘adzim allazi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi.
 
“Aku memohon ampun kepada Allah, yang tiada tuhan selain dia yang maha hidup, serta berdiri dengan sendirinya dalam mengurus segala makhluknya. Aku bertobat kepada-Nya.”
 
Sungguh betapa mulianya hari Jumat. Sehingga dalam redaksi lain menyebutkan bahwasanya Rasulullah pernah bersabda
 
“Siapa saja yang berdoa di pagi hari Jumat sebelum shalat subuh dengan doa, ‘Astaghfirullahal ‘adzim allazi la ilaha illa huwal hayyul qoyyumu wa atubu ilaihi,’ sebanyak tiga kali, maka Allah mengampuni dosanya meski sebanyak buih di samudera”
 

 

Related Posts