Sexy Killers: Yang Terpinggirkan - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

16 April 2019

Sexy Killers: Yang Terpinggirkan

solopos

Penulis: Haryo Setyo Wibowo

Atorcator.Com - Luangkan waktu untuk melihat. Bukan untuk mengajak bersedih, bukan ajakan untuk golput, bukan untuk menggerakkan pembangkangan terhadap negara, tetapi agar kita tidak lupa mensyukuri nikmat. Penting agar tidak lupa bahwa kekayaan alam yang kita miliki sebenarnya "meminjam anak cucu".

Jangan dirusak dengan mengatasnamakan pemanfaatan, agar generasi sesudahnya dapat memanfaatkannya. Lagi pula semua ajaran agama mengajarkan bahwa SDA merupakan faktor endowment yang harus dijaga kelestariannya.

Film ini tepat memotret, mengapa para pemimpin yang tengah adu kuat di arena politik bisa bergandengan, tidak seperti supporternya? Iya, karena kepentingannya sama. Karena ada estafet yang harus dipertahankan jangan sampai tongkatnya jatuh.

Petunjuknya jelas kok kalo kita jeli belajar sejarah pembangunan. Kita akan melihat orang disuruh transmigrasi, buka hutan dan mengembangkan perekonomian sederhana. Setelahnya infrastruktur dipersiapkan, alat berat bisa masuk, tambang dimulai, dan penduduk akhirnya terteror.

Luangkan waktu sesudahnya untuk berdoa bagi masyarakat yang menjadi korban terdampak "pembangunan". Semoga Tuhan memampukan mereka. "Hanya nasib baik" yang akan menolong mereka, bukan kebijakan A atau B, 01 atau 02.

Untuk banyak orang, ini mungkin cerita baru. Padahal selama puluhan tahun memang polanya (pembangunan) seperti itu. Tapi bagaimana lagi, nyali memang telanjur babak belur kalah dengan rupiah. Sehingga cerita seperti ini tidak banyak menjangkau masyarakat.

Terima kasih untuk tim watchdoc yang bekerja luar biasa. Semoga Tuhan melindungi anda sekalian.


Sumber: Facebook Haryo Setyo Wibowo