Visi Jangka Panjang Mbah Dullah - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Senin, Mei 20, 2019

Visi Jangka Panjang Mbah Dullah

Ilustrasi foto (Fb-Jamal-pati)
Penulis: Jamal Ma’mur Asmani

Atorcator.Com - Seorang teman mengisahkan bagaimana KH Abdullah Zain Salam mempunyai visi Jangka Panjang dalam membangun masyarakat.

Ada anggota keluarganya yang dilamar seseorang yang menurut kriteria Agama sangat tepat, baik Dari sisi pendidikan Dan lainnya. Namun Mbah Dullah datang waktu Keluarga laki-laki mau melamarnya Dan Mbah Dullah dengan bahasa isyarat Tidak menyetujui. Akhirnya lamaran tersebut tidak Jadi.

Setelah itu, Ada orang yang melamar yang menurut kriteria Agama kurang tepat. Perilaku Dan pergaulannya kurang baik Dari sisi Agama. Anehnya, Mbah Dullah mendukung lamaran ini.

Ketika waktu sudah berjalan, akhirnya pilihan Mbah Dullah terbukti mujarab. Pernikahan tersebut menjadi sebab berubahnya suami, Keluarganya dan Masyarakat Desa yang menjadi tempat domisili pengantin ini.

Mereka baru sadar ternyata Mbah Dullah Tidak hanya memikirkan kehidupan sekarang, tapi jauh ke depan. Perempuan tersebut akhirnya menjadi tokoh Agama yang Punya peran sentral dalam dakwah Islam di Daerah suaminya.

Di sinilah visi seorang wali Allah yang tidak hanya melihat masalah yang Ada di depan dalam jangka pendek. Tapi melihat jangka panjang dengan segala masalah yang melingkupinya.


Meneladani Mbah Dullah, Kita jangan hanya berpikir sempit, jangka pendek, Dan yang Ada di depan Kita, tapi Harus mempersiapkan Masa depan dalam jangka panjang.

  • Jamal Ma’mur Asmani Direktur Lembaga Studi Kitab Kuning (LESKA) Pati Jawa Tengah