Madrasah Ar-Raudhah Peringati Haul Masyayikh dan Temu Alumni - Atorcator
Latest Update
Fetching data...

Rabu, Juni 12, 2019

Madrasah Ar-Raudhah Peringati Haul Masyayikh dan Temu Alumni

Penulis: Redaksi
_______
Editor: Moh. Syahri
Publisher: Nailatul Izzah
Ilustrasi foto/dokumentasi panitia acara haul Masyayikh dan temu alumni II

Atorcator.Com – Lembaga Pendidikan Islam Ar-Raudhah atau Pondok Pesantren Ar-Raudhah Rajun Pasong-songan Sumenep memperingati haul masyayikh para pendiri lembaga Ar-Raudhah yang dikemas dengan temu Alumni II pada Rabu (12/6) pagi. Haul ini berlangsung di halaman sekolah lembaga pendidikan Islam Ar-Raudhah. Lembaga tertua di desa Rajun kecamatan Pasong-songan kabupaten Sumenep.

Haul ini dikemas dengan temu alumni II (reuni akbar) yang menghadirkan alumni dari lintas generasi senior hingga junior. Walaupun dari lintas generasi tidak semua hadir. Menurut panitia Haul kali ini, alhamadulillah dihadiri oleh sekitar kurang lebih 700 alumni dan simpatisan. Bahkan ada yang mengatakan kurang lebih 1000 alumni yang hadir.

Haul masyayikh dan temu alumni ini diawali dengan pembacaan Al-fatihah sebagai pembuka, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qura’an dan shalawat nabi bersama group al-banjari, dan kemudian dilanjutkan tawasul bersama yang dipimpin langsung oleh Kiai Zubairi Ilyas selaku pimpinan lembaga Pendidikan Islam Ar-Raudhah.

Setelah itu, kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil bersama yang dipimpin oleh ustaz Hamzah selaku guru sepuh berpengalaman di lembaga pendidikan Islam Ar-Raudhah. Lalu sambutan-sambutan dari panitia dan pimpinan lembaga Ar-Raudhah. 

Sambutan pertama disampaikan oleh ustaz Syamsuri selaku ketua panitia yang mewakili. Dan dilanjutkan dengan sambutan pimpinan lembaga Ar-Raudhah Kiai Zubairi Ilyas.

Menurut Kiai Zubairi Ilyas dalam sambutannya, acara haul dan temu alumni ini merupakan sebuah kebetulan yang sama sekali tak direncanakan sebelumnya. "Haul ini sebenarnya waktunya sangat tepat, memang bertepatan dengan meninggalnya Nyai Raudhah selaku perintis pertama sekolah ini" ujarnya.

"Saya juga tidak menyangka ini bisa terjadi, padahal saya hanya menentukan jadwal ini karena di hari-hari lain sudah tidak ada waktu lagi, mulai dari padatnya undangan walimatul ursy, dan silaturahmi antar keluarga Ar-Raudhah di hari lebaran yang memang sudah menjadi kebiasaan," tambahnya

Alumni dan simpatisan yang hadir di acara haul ini bergiliran, tertib bersalaman dengan para Pimpinan Lembaga Ar-Raudhah dan guru Ar-Raudhah. 

Sebelum berakhir, acara haul masyayikh dan temu alumni II ini ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Kiai Jufri ilyas yang juga pimpinan lembaga pendidikan Islam Ar-Raudhah. Pembacaan doa ini dibacakan dengan penuh khidmat yang kemudian dilanjutkan dengan ramah-tamah atau bersalaman dengan keluarga besar sekaligus pimpinan lembaga pendidikan Ar-Raudhah.

Tampak hadir pada acara ini, seluruh para guru senior (sepuh) dan guru junior Ar-Raudhah. Banser (Barisan Ansor Serbaguna) cabang kecamatan pasong-songan juga turut hadir dalam acara haul ini sebagai keamanan demi kelancaran acara ini.