Rahasia 7 Wazan-Mauzun Fiil Tsulatsi - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

06 Juni 2019

Rahasia 7 Wazan-Mauzun Fiil Tsulatsi


 Penulis: Jamal Ma’mur Asmani

Atorcator.Com - Ustadz Muhammad Syafi'i Dari PP Al Anwar Sarang Rembang dalam Bedah Kitab Amtsilah Tashrifiyyah karya Syaikh Ma'shum Ali Jombang yang diadakan Lembaga Studi Kitab Kuning (LESKA) Pati menyingkap rahasia 7 Wazan Mauzun Fill Tsulasi:

Pertama, فعل يفعل yang menunjukkan pentingnya santri berpikir aktif. Santri tidak boleh pasif, bermalas-malasan, tapi harus aktif belajar memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

Kedua, نصر ينصر yang menunjukkan penting adanya seorang yang menolong santri. Dalam Hal ini, harus ada guru yang membimbing santri belajar untuk memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Ketiga, ضرب يضرب yang menunjukkan pentingnya aturan atau sanksi dalam proses mengaji Dan belajar ketika santri tidak berjalan sesuai aturan yang ada. Sanksi yang mendidik sangat Penting untuk mengingatkan para santri  supaya tidak lalai terhadap tugas dan tanggungjawabnya.

Keempat, فتح يفتح yang menunjukkan terbukanya hati dan jiwa santri dalam mencari ilmu. Hati terbuka yang membuat ilmu masuk dalam jiwa harus dilalui dengan kesungguhan dalam belajar (اجتهاد), bimbingan ilmu guru yang intensif (ارشاد استاذ), dan konsisten berada di jalan yang benar dengan aturan dan sanksi yang tegas (ضربا تاءديبا).

Kelima, علم يعلم yang menunjukkan seorang santri yang menjadi sosok ilmuwan (عالم) yang aktif membimbing santri dan masyarakat.

Keenam, حسن يحسن yang menunjukkan seorang ilmuwan yang selalu menebarkan kebaikan Dan kemanfaatan kepada orang lain.

Ketujuh, ومق yang artinya mencintai. Orang yang melalui enam proses di atas akan dicintai Allah dan sesama manusia.


Semoga berkah, Amin.

  • Jamal Ma’mur Asmani Direktur Lembaga Studi Kitab Kuning (LESKA) Pati Jawa Tengah