Keanehan Subuh KH Maimoen Zubair - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

20 Juli 2019

Keanehan Subuh KH Maimoen Zubair

Penulis: Cak As'ad Sadewa
Sabtu 20 Juli 2019

Atorcator.Com - Tidak asing bagi santrinya Mbah Yai, bahwa Mbah Yai selalu Sholat Subuh akhir waktu..

Tapi ada cerita aneh dari Ustadz Saudi.

Pada suatu hari, beliau menunggu jamaah sholat subuh. Sangat lama, sampai beliau melihat diluar mushola sudah agak terang, beliau takut matahari sudah terbit. Akhirnya beliau menuju Dalem Mbah Yai, untuk memberi tahu kalau diluar sudah agak terang..

Tp anehnya ketika beliau mau mengetuk pintu, Mbah Yai membuka pintu dahulu dan berkata "Ono opo Di, percoyo karo aku (Ada apa Di, percayalah pada ku)..

Setelah kejadian itu, beliau tidak pernah ragu kepada Mbah Yai, walaupun melihat di luar mushola sudah agak terang.

SALAM SUBUH, MATAHARI LANGSUNG TERBIT

Inilah pengalaman saya pribadi:

Saya pernah mendengar perkataan Alumni," Walaupun Mbah Yai sholat subuh di akhir waktu, tp matahari tidak terbit kecuali Mbah Yai sudah salam"

Ketika itu tahun 2006, saya baru saja mondok. Ketika menunggu jamaah sholat subuh, saya merasa aneh dan takut, karena melihat di luar mushola sudah agak terang dan jam menunjukkan pukul jam 05.40 WIS (Waktu Istiwa), biasanya kalau di desa sholat subuh jam 4.30 WIS dan tentunya masih petang dan gelap..

Ketika iqomah sholat subuh jam 5.45 WIS, saya jamaah bersama Mbah Yai dan di hati saya masih mikir kalau matahari sudah terbit.

Ketika beliau salam, saya langsung lari menuju Laut (karena memang pondok dekat laut dan bisa lihat matahari langsung)

Ketika sampai di pinggir laut, saya kaget dan merasa aneh. Karena matahari ternyata belum terbit. Tapi setelah sekitar satu menit, matahari langsung terbit dan naiknya terlihat agak cepat.

Dan kejadian ini tidak hanya satu kali..hampir setiap hari seperti itu. Masak setiap Mbah Yai salam sholat subuh, matahari langsung terbit. Kok bisa pas pada akhir waktu? Dan dipastikan setelah Mbah Yai selesai wiridan, sholat subuh sudah waktu Qodho'.

Saya sering melihat Mbah Yai sholat sunnah selesai wiridan shubuh, sepertinya beliau sudah tau kalau matahari sudah terbit, karena jika belum terbit, tidak boleh sholat sunnah.

Mungkin hanya sebagian santri yang pernah berjamaah bersama beliau yang merasakan keanehan ini.

Abah Ubab MZ pernah bercerita, " Mbah Moen memang mulai dulu, sejak ketika di makkah ,beliau selalu sholat subuh akhir waktu, walaupun di masjid sudah iqomah awal waktu. mungkin ada sirr (rahasia) bagi beliau kenapa selalu sholat subuh akhir waktu.

Abah Ubab MZ juga dawuh "Wes kang, anuto Mbah Moen, anut Mbah Moen mesti enak uripmu (Sudah Kang, ikutlah Mbah Moen, Ikut Mbah Moen pasti enak hidupmu)"

Semoga kita mendapatkan barokah, ilmu manfaat dan sirr beliau.. Amiiiin.