Kipli Mendadak Jadi Ustaz dan Ibu-Ibu Pengajian yang Mendadak Pulang

Penulis: Bahrudin Achmad
Selasa 3 September 2019

Atorcator.Com – Ceritanya begini. Hari Minggu kemarin, Ustaz Zudin yang biasa mengisi ceramah Pengajian Ibu-ibu Minggu pagi mendadak harus pergi ke Depok untuk menengok saudaranya yang sakit. Entah ada angin apa, Si Kipli ditunjuk oleh Ustaz Zudin untuk menggantikannya mengisi pengajian tersebut. Ustaz Zudin berpesan kepada Si Kipli untuk membahas tema Keluarga Sakinah.


Oh iya perlu diketahui bahwa Speaker atau TOA masjid kami itu baru diganti dan suaranya pun terdengar jelas dari Warung Kopi Pangkalan Ojek. Sehingga Saya, Engkong Duloh, Syarif, dan Mat Tile bisa ikut mendengarkan dari jauh.


“Ibu-Ibu sekalian yang dirahmati Allah SWT. Dalam Sejarah Islam ada berapa tipe keluarga yang dapat kita ambil pelajaran dalam kehidupan kita di dunia ini,” Ucap Kipli mengawali isi pengajiannya, terdengar jelas dari Pangkalan Ojek.


“Pertama, ada tipe keluarga Nabi Nuh dan Nabi Luth, suaminya saleh, tetapi istrinya tidak.”


“Kedua, ada tipe keluarga Firaun, Istrinya solehah suaminya tidak.”


“Ketiga, ada tipe keluarga Nabi Ibrahim, suami istri soleh dan solehah, dan anak keturunannya menjadi orang soleh.”


“Keempat, ada tipe keluarga Abu Lahab, suami dan istri sama sama durhaka”.


Dari jauh kami mendengarkan dengan seksama setiap penjelasan Kipli tentang tipe-tipe keluarga. Penjelasannya begitu sederhana dan mengena dalam hati kami. Sampai-sampai kami kagum “Tumben… Nih anak mendadak rada2 pinter sedikit”


Namun, tentu bukan Kipli namanya jika tidak membuat ulah dengan lelucon atau humor yang terkadang membuat kesel yang mendengarkan. Disela-sela penjelasan ceramahnya, Kipli memberi pertanyaan :


“Ibu-ibu dalam membina keluarga ingin mencontoh tipe yang mana?”


“Keluarga Ibrahim!!!!”, Jawab para ibu-ibu dengan kompak dan penuh percaya diri.


Bukan Kipli, jika tidak membuat kesal ibu-ibu, kemudian ia bertanya lagi :


“Nabi Ibrahim itu mempunyai dua keluarga besar, yaitu dari kedua isterinya Siti Sarah dan siti Hajar. Gimana Bu, Siap ngak? Buuuuuuu….Siap ngak?…. Bu jawab, Bu??”


Jamaah Ibu-ibu terdiam sejenak. Sayup-sayup terdengar dari speaker masjid gerutuan para Ibu-ibu.. Apalagi suara Mpok Leha dan Mpok Mumun yang terdengar lebih jelas :


“AYO…. Pulang aja Bu… Kipli gak asik banget pertanyaannya… Yuk bubar…bubar…gak Asikk banget ..nyerempet2 terus!! Liat aja ntar gw “Unyeng2 di warung kopi”


Engkong Duloh yang sejak tadi asyik mendengarkan Kipli ceramah, menepukkan telapak tangan ke jidadnya sambil berkata : “Pli…Pli… Yg kayak gitu loe tanyain…Dasar geblek “


Sekian… Dan jangan lupa untuk terus bahagia.


Bahrudin Achmad Tukang Ojek Pengkolan

Related Posts