Kamu Putus Asa Musik Rap Solusinya - Atorcator

Atorcator

Menulis adalah usaha merawat kejernihan berpikir, menjaga kewarasan, dan menyimpan memori sebelum dunia terkatup.

Latest Update
Fetching data...

02 Januari 2019

Kamu Putus Asa Musik Rap Solusinya

Eminem dengan wajah muramnya.

Ritme yang cepat, kata-kata tidak jelas, bahasa yang kasar, dan kata-kata jorok. Sepertinya sudah tidak bisa dihindarkan dari musik Rap. Salah satu musik yang tergolong dari empat budaya hip-hop. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa gaya musik Rap tidak begitu memiliki tempat dikancah permusikan Indonesia. Mungkin juga dunia. Faktanya, dalam deretan tangga lagu terbanyak peminatnya, jarang sekali gaya musik Rap mendapatkan tempat nomor satu.

Bukan hanya itu, jika kita melihat video-video dari gaya musik Rap yang terbilang unik ini, kita akan disuguhi oleh berbagai macam gaya berbusana yang “khariqul ‘adah” artinya diluar kebiasaan. Seperti memakai baju dan aksesoris yang girap-girap, memakai kalung dari rantai gerbang istana, merokok empat batang cerutu sekaligus, dan tak jarang ada adegan intim yang diperagakan oleh wanita-wanita seksi dengan menggelayut menggoda si-Rapper.

Sebagai tambahan informasi, rata-rata musik Rap ini menunjukkan ekspresi jiwa atas ketidakpuasan dengan apa yang tengah terjadi. Sekedar tambahan saja, tidak percaya, ya tak masalah.

Salah satu tokoh Rapper yang terkenal, Eminem, kalau di kelas dunia, salah satu lagu favoritnya berjudul “Lose you’r self”. Kalau di Indoensia, kita mengenal Iwan K yang namanya sempat mencuat setelah dirinya ditemukan membawa narkoba. Wajar-wajar saja! namanya saja juga Rapper.

Baca juga: Miskin Teladan Di Era Millenial

Saya tidak akan menulis riwayat hidupnya disini, namun saya hanya ingin menjelaskan beberapa fakta menarik tentang Eminem, bukan Iwan K, saya fikir menarik untuk di ulas.

Pertama, Eminem jarang sekali tertangkap kamera dalam keadaan tersenyum, dia selalu menampilkan wajah cemberut seolah-olah tidak ada yang menarik di dunia ini. Mungkin kehidupan kelam dari Eminem menjadi alasan yang tepat untuk bertingkah dan bersikap seperti itu. Dia, selalu tidak mendapat dukungan oleh orang tuanya. Lihat saja salah satu bait dari lagunya yang berjudul “Lose you’r self”

Kedua, lagu-lagu Eminem rata-rata keluar dari latar belakang dirinya sendiri yang sekali lagi penuh dengan kekelaman. Ini yang saya paling suka, dia memilih musik Rap untuk mengungkapkan perasaannya. Rap dengan gaya musik yang bebas memberikan ruang yang lebih luas untuk perasaan-perasaan dongkol dalam hati. Tidak terikat dengan kunci-kunci gitar, kunci-kunci piano atau yang lain. Hanya penentuan diksi yang terkadang memang sedikit menyulitkan.

Baca Juga: Wasit Sepak Bola dan Wasit Pemilu

Terakhir, Eminem tidak bisa menggunakan computer. Jadi, dia menulis karya-karyanya dengan pulpen dan kertas saja atau mesin ketik jadul yang ribetnya minta ampun itu. Tidak bisa pakai komputer tapi bisa kelas dunia!

Sudah itu saja.

Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan bahwa musik adalah hal yang sangat unik. Ia menjadi semacam potongan jiwa yang akan dicari oleh jiwa-jiwa lain yang merasa cocok dengannya. Jadi, jangan salah jalur dalam mencari potongan jiwa ini. sebab jika salah, akibatnya akan berdampak pada ragamu. Jika kamu sedang kasmaran lebih baik memilih lagu mellow and sellow yang akan membawamu pada suasana yang puitis dan romantis. Jika kamu sedang putus asa, jangan cari lagu yang mellow yang akan membuatmu semakin di rudung pilu. Maka saya sarankan, enaknya ya, diRap saja!!


Sumber Foto: Hellomagazine.com

Baca juga: Hari Patah Hati Nasional: Ditinggal Kawin Pacar, Move on Dong